Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Monday, October 12, 2009

Lowongan CPNS Pemprov Sumut dan Pemko Medan



Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Arsyad Lubis, mengatakan, penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemprovsu akan dimulai pada pertengahan Oktober 2009.

“Tanggal pendaftaran, dan ujian belum bisa dipastikan, karena harus disesuaikan dengan kabupaten/kota, agar pelaksanaannya bisa dilaksanakan secara serentak,” katanya kepada Waspada Online, sore ini.

Untuk itu, katanya, Pemprovsu akan mengundang seluruh kabupaten/kota di Sumut untuk membicarakan pelaksanaan teknisnya. Sehingga penerimaannya bisa serentak dan teratur sesuai peraturan pemerintah.

Formasi bagi pelamar umum di Pemprovsu yang dibutuhkan, sebutnya, tenaga kesehatan meliputi dokter spesialis, dokter umum, kebidanan dan keperawatan yang jumlahnya 50 orang.

”Untuk formasi tenaga teknis yakni ekonomi, akuntansi, manajemen, hukum, pertanian, komunikasi dan lainnya sebanyak 208 orang,” ujarnya.
Secara umum, tambahnya, persyaratan untuk pelamar CPNS yakni surat permohonan pelamar CPNS, kartu tanda penduduk (KTP), pas foto 4×6 dan foto copy ijazah yang telah dilegalisir.

“Kita tetap melibatkan perguruan tinggi selaku pihak ketiga, dalam pembuatan soal, pemeriksaan jawaban, meranking hingga mengumumkan hasil ujian CPNS,” sebutnya.



Pemerintah Kota (Pemko) Medan terima 688 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi 2009. Hal itu diketahui setelah rapat dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut.

“Dari hasil rapat dengan BKD Sumut, Pemko Medan menerima 668 CPNS untuk kualifikasi pendidikan strata satu (S1) dan Diploma III,” kata kepala BKD Medan, Lahum Lubis, tadi malam.

Sedangkan untuk lulusan SMA lanjut Lahum, tidak dibuka sebab tidak diperkenankan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negera (Menpan). Ditambahkannya, tidak diterimanya lulusan SMA setelah ada surat keputusan Menpan RI yang tidak memperbolehkan membuka formasi untuk lulusan SMA. Namun, lanjutnya, saat ini pihaknya masih menunggu keputusan tenaga teknis dan strategis yang akan diterima Pemko Medan dari Menpan.

“Jadi Menpan yang menentukan tenaga apa-apa saja yang akan diterima. Kita tunggulah dalam dua minggu ini. Setelah itu baru akan kami umumkan pendaftarannya,” ujarnya.

Sebelumnya, kata dia, pihaknya telah mengirimkan data kebutuhan CPNS untuk Pemko. Dalam draf yang disampaikan ke Menpan jumlah formasi yang dibutuhkan tahun ini mencapai 1000 orang CPNS. Dari jumlah tersebut yang paling urgen saat ini untuk Pemko yakni tenaga akuntan dan teknis. Karenanya untuk kedua tenaga ini jumlahnya diperkirakan paling besar diterima.

Khusus tenaga teknis, lanjutnya, Pemko membutuhkan tenaga administrasi keuangan. Sarjana dan lulusan D3 administrasi keuangan dan akuntansi tersebut dibutuhkan di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) karena selama ini ada kesulitan dalam pelaporan keuangan akibat kekurangan tenaga ahli di bidang itu.

Tenaga administrasi keuangan dan akuntansi ini juga dibutuhkan dalam menyikapi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 13/2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah.

Seperti diketahui, sejak tiga tahun berhenti (2006-2008), Pemko Medan tidak menerima pelamar umum karena masih tenaga honorer (database 2005) yang ada. Namun karena tenaga honorer itu sudah habis, Pemko Medan kembali membuka penerimaan CPNS dari pelamar umum formasi tahun ini.

“Untuk tahun ini diperkirakan, sarjana jebolan Fakultas Teknik Informatika Komputer yang lulus bukan dari jalur kependidikan (Non-dik). Karena, mereka berkesempatan jadi guru Tenaga Informatika dan Komunikasi (TIK) yang akan ditempatkan diseluruh sekolah yang ada di Kota Medan,” paparnya.
Jika Anda ingin mengetahui sumber berita kami silahkan klik link yang ada dibawah ini.







0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment